Minggu, 13 Oktober 2019

Kuliner Manis di Yogyakarta

KULINER MANIS DI YOGYAKARTA

Daerah Istimewa Yogyakarta memang kerap meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap orang yang pernah mengunjunginya. Kekayaan budaya yang masih terjaga hingga kini, ditambah panorama alamnya sanggup membuat mereka terpesona dan ingin kembali lagi. Tidak hanya itu, sajian kuliner di kota tersebut pun selalu membuat mereka jatuh hati.
Rata-rata masyarakat Indonesia hanya mengenal gudeg sebagai santapan khas dari Jogja. Padahal, di samping hidangan itu masih banyak yang tidak kalah lezat, seperti Kuliner manis di Yogyakarta berikut:
1. Gatot
Kuliner manis di Yogyakarta  ini terbuat dari gaplek. Tapi, sebelum dikukus dan dihidangkan pada selembar daun pisang bersama toping parutan kelapa dan gula merah, gatot harus melewati proses fermentasi terlebih dulu. Sehingga menghasilkan jamur dan corak kehitaman yang unik di setiap bagiannya.
Makanan tersebut memiliki tekstur legit dan akan terasa manis begitu masuk ke mulut. Sebagian penduduk Jogja menyantap gatot jika bosan dengan nasi. Ia mudah ditemukan di sekitar objek wisata Gunungkidul. 
2. Bakpia Pathok
Bakpia adalah Kuliner manis di Yogyakarta yang berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Awalnya, makanan bulat kecil ini berisi atau mempunyai rasa kacang hijau. Namun, kini Anda dapat menemukan bakpia dengan berbagai rasa seperti cokelat, keju, susu, hingga kopi.
Menemukan bakpia di Yogyakarta sangatlah mudah. Selain bisa ditemukan di berbagai sektra oleh-oleh di berbagai penjuru kota, bakpia bisa ditemukan di kawasan Pathuk, Kelurahan Ngampilan, Yogyakarta, di sebelah barat Malioboro.
3. Yangko
Yangko adalah Kuliner manis di Yogyakarta khas asal Kotagede yang dibuat dari campuran bahan berupa ketan, kacang tanah dan gula. Melihat dari kombinasi bahan yang digunakan, pastilah Anda dapat menerka rasa camilan khas Jogja yang satu ini. Manis gula berpadu lembut dengan gurihnya kacang, enak namun tidak eneg. Begitulah kiranya rasa camilan imut yang satu ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, kini camilan ketan nan imut yang satu ini tersedia dalam beragam pilihan rasa buah seperti rasa strawberry, durian, melon hingga cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar